Rahasia Sukses Menjadi Seorang Marketing

8 Langkah Kunjungan Salesman

8 Langkah Kunjungan Salesman
8 Langkah Kunjungan Salesman

8 Langkah Kunjungan Salesman - Bagi anda yang saat ini sedang menekuni pekerjaan sebagai seorang salesman tentunya harus memiliki plan-plan yang akan menjadi rutinitas anda sehari-hari, seperti plan kunjungan,plan omset, dan lain-lain. Selain itu, anda juga pasti memiliki tehnik ataupun kebiasaan-kebiasaan tersendiri yang anda lakukan pada saat anda melakukan kunjungan ke outlet. 

Baiklah, kali ini saya ingin berbagi tentang apa yang pernah saya dapatkan ketika saya mengikuti sebuah training sales disebuah perusahaan distribusi lokal dimana saya bekerja pada waktu itu. Dan 8 langkah kunjungan salesman ini juga saya terapkan kepada salesman-salesman saya ketika saya menjadi area supervisor di perusahaan tersebut, dan hasilnya..... LUAR BIASA. 

  1. PERSIAPAN (PREPARATION)
    Persiapan ini meliputi banyak hal, seperti: rencana kunjungan (routing), peta kunjungan (FJP), sales kit (katalog, daftar harga), daftar tagihan (collection), materi promosi, surat kontrak (bila sedang ada kontrak atau program berjalan), kesepakatan planogram, petunjuk kerja, daftar janji yang pernah kita buat dengan pihak outlet, dan lain-lain.

  2. PENDEKATAN (APPROACH)
    Percaya atau tidak, bahwa awal kesuksesan sebuah kunjungan adalah bagaimana cara pendekatan kita yang pas dan sesuai terhadap karakter masing-masing outlet. Hal ini akan semakin mudah apabila anda sudah mengenal pemilik outlet tersebut. Pada langkah ini anda bisa melakukan 3 hal secara bersamaan yaitu: mengucapkan salam, berjabat tangan, menanyakan kabar, dan jangan lupa untuk melakukan pujian kecil untuk menimbulkan kesan akrab dan peduli terhadap outlet tersebut.

  3. CHECK STOCK
    Pada tahap ini anda ditekankan untuk tidak hanya mengecek kondisi stock produk anda saja, akan lebih baik apabila anda juga mengecek produk kompetitor, baik dari segi harga jual, keberadaan, display, dn jug freshness nya.

  4. PENAWARAN (SELLING PRESENTATION)
    Sampaikan maksud kunjungan kita secara smart, spesifik, dan masuk akal. Pada tahap ini anda bisa melihat apakah sudah ada tanda-tanda buying signal atau belum.

  5. DISPLAY PRODUK (MERCHANDISING)
    Display merupakan bentuk kepedulian kita terhadap outlet yang melakukan transaksi.

  6. TAGIHAN (COLECTION)
    Colection merupakan cash flow bagi sebuah perusahaan. Meskipun demikian, usahakan pada saat anda melakukan tagihan, nada bicara dan bahasa tubuh tidak menyinggung customer.

  7. PENUTUP (CLOSING)
    Catat apa saja komplain yang disampaikan oleh customer, baik itu berupa discount, selisih harga, bad stock, dan lain-lain.

  8. EVALUASI
    Bandingkan antara rencana kujungan dengan apa yang diperoleh selama call tersebut.
Tag : Sales
4 Komentar untuk "8 Langkah Kunjungan Salesman"

Sangat membantu dlm pekerjaan saya.. 😊

Sebenar nya 8 langkah kunjungan bisa di sederhanakan menjadi 5 step of the call
1 preparation
2 store check
3 selling
4 marchendesing
5 evaluation / approve itu untuk memudah kan seorang salesman dalam melakukan pekerjaan nya dengan baik dan benar

"Selamat siang Bos 😃
Mohon maaf mengganggu bos ,

apa kabar nih bos kami dari Agen365
buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
ayuk... daftar, main dan menangkan
Silahkan di add contact kami ya bos :)

Line : agen365
WA : +85587781483
Wechat : agen365


terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

Back To Top