Rahasia Sukses Menjadi Seorang Marketing

Perbedaan Marketing dengan Sales

Marketing vs Sales

Perbedaan Marketing dengan Salesman - Dalam kehidupan kita sehari-hari tentu sudah tidak asing lagi dengan dua kalimat tersebut. Bahkan bila kita tanyakan kepada anak kecil sekalipun kebanyakan dari mereka sudah tau apa itu sales? (itu loh yng sering datang ke warung dekat rumah untuk menawarkan barang,,, kurang lebih begitu jawaban mereka). Lalu bagaima ketika kita tanya apa itu marketing? Kebanyakan dari masyarakat umum pasti akan menjawab bahwa marketing itu ya sales, dan sales itu ya marketing... hehehe. Lalu bagaimana jika anda yang diberi pertanyaan seperti itu, apakah jawaban anda sama dengan mereka? Baiklah, mari kita kupas satu persatu:

MARKETING


Marketing adalah sebuah sistem atau proses penyusunan terpadu dari sebuah bisnis yang dimulai dari perencanaan produk, penetapan harga, promosi, dan distribusi. Dalam kata lain, marketing adalah sebuah proses yang menyeluruh dalam sebuah bisnis. Konsep marketing adalah sebuah upaya yang dijalankan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia. 

Dalam kamus bahasa Inggris, marketing berarti pemasaran. Dari pengertian tersebut maka sudah jelas bahwa proses marketing adalah sebuah proses perjalanan yang panjang didalam sebuah bisnis. Bukan hanya sebatas menjual saja.

SALES

Sales dalam bahasa Inggris berarti penjualan. Apabila kita uraikan maka sales merupakan aktivitas sekelompok orang (biasa kita kenal dengan istilah : salesman) yang menjalankan salah satu proses marketing, yaitu menawarkan dan menjual produk dengan target yang telah ditetapkan. Oleh sebab itu, seorang salesman harus memiliki skill untuk mampu memikat dan meyakinkan konsumen terhadap produk yang mereka jual hingga terjadi penjualan. Seorang salesman yang handal harus memilki ilmu penjualan (sales) yang matang, sehingga mereka bisa menempatkan diri dalam kondisi apapun dan dengan karakter pembeli / pelanggan yang bagaimanapun sampai akhirnya mereka bisa menjadi seorang yang ahli dalam bidang penjualan.


PERBEDAAN MARKETING DAN SALES

  1. Arti Bahasa
    Sales adalah sebuah bagian dari proses marketing yang sudah jelas memiliki sebuah proses kerja yang lebih panjang bila dibandingkan dengan sales.
  2. Strategi
    Marketer mempunyai  9 jurus sukses luar biasa yang akan mereka gunakan untuk menjaga brand image product, sehingga para pelanggan akan memutuskan membeli produk mereka karena sudah mengetahui kualitas dan image dari produk tersebut. Sedangkan salesman lebih fokus terhadap penawaran sebuah produk dengan memberikan informasi kelebihan-kelebihan produk yang mereka jual agar konsumen tertarik dan mau membeli produk nya. Kebanyakan salesman bahkan mengabaikan apakah para konsumen mereka terpuaskan atau tidak terhadap produk yang mereka jual.

    Salam Sukses Luar Biasa.
Tag : Marketing, Sales
2 Komentar untuk "Perbedaan Marketing dengan Sales"

terimakasih atas informasinya jangan lupa kunjungi kami balik http://bit.ly/2PCSHxk

"Selamat siang Bos 😃
Mohon maaf mengganggu bos ,

apa kabar nih bos kami dari Agen365
buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
ayuk... daftar, main dan menangkan
Silahkan di add contact kami ya bos :)

Line : agen365
WA : +85587781483
Wechat : agen365


terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

Back To Top